6 FILM HOROR-SUPRANATURAL TERBAIK INDONESIA

Genre horor sedang merajalela dalam industri film Indonesia sejak kesuksesan film Jelangkung besutan sutradara Rizal Mantovani dan Jose Purnomo. Bahkan di tahun ini hadir genre horor baru di indonesia. Yuupzz.. Horror-Slasher yang mana karakter villain utamanya adalah Psikopat seperti dalam film Rumah Dara. Berikut 5 film horor-supranatural indonesia terbaik dan terserem (menurut gue) diantara film2 horor laennya yang beredar belakangan ini...


6. KERAMAT

Sebuah tim produksi film, berangkat dari Jakarta ke daerah Bantul Yogyakarta dalam rangka persiapan shooting film. Sutradara dan Asisten Sutradara didampingi Manager Produksi dan 2 artis utama melakukan reece, sedangkan tim behind the scene mendokumentasikan persiapan produksi ini. Mereka membawa style kota besar, memasuki daerah yang disucikan dan keramat. Mengusik tabu, sehingga kejadian demi kejadian aneh mereka alami, sampai ke titik dimana calon pemeran utama wanita dirasuki roh halus. Dengan bantuan seorang paranormal, mereka mencoba mengusir roh halus itu, namun gagal.
Melalui paranormal, mereka mengetahui alam mistis di sekitar mereka sedang bergolak karena sesuatu hal. Kehadiran mereka tampaknya memperburuk keadaan. Hingga puncaknya pemeran utama wanita yang kesurupan itu hilang tanpa jejak.Apakah hubungan hilangnya teman mereka dengan alam mistis di sekitar mereka? Dapatkah mereka menemukan kembali teman mereka yang hilang? Ataukah justru semakin banyak lagi yang turut hilang?

Film dengan cara bertutur ala Cloverfield (2008), Blair Witch Project (1999) dan REC (2007) yaitu memakai konsep Subjective Camera dimana pengambilan gambar diambil dari sudut pandang aktor/pelaku. 'Keramat' menyajikan horor yang berbeda dari yang lain. Dan katanya penampakan2 yang ada di film ini asli!! Well, mau asli ato ga film ini tetep aja bikin gw merinding walaupun tanpa elemen musik apapun...

5. KARMA

Berkisah tentang kematian-kematian yang misterius dalam Keluarga Guan. Salah satu keturunannya, Armand (Joe Taslim) jatuh cinta pada Sandra (Dominique Agisca). Armand, putra dari istri kedua Phillip (Hengky Solaiman), ayahnya, anak pertama dari kakeknya, Tiong Guan (H.I.M. Damsyik)

Keluarga Guan, terutama para Ibu meninggal secara misterius setelah melahirkan anak pertama. Hubungan Armand dan Sandra tidak disetujui keluarga Sandra. Maka saat mengandung anak Armand di luar nikah dan diusir oleh keluarganya, Sandra tidak peduli dan pulang ke Indonesia karena Armand berjanji untuk menikahinya

Kejadian-kejadian aneh muncul sejak malam pertama Sandra tinggal di rumah keluarga barunya itu. Sandra selalu dihantui sosok seorang wanita berpakaian pengantin Cina kuno dan suara-suara yang menyuruhnya pergi dari rumah itu. Karena cintanya pada Armand dan tengah hamil 6 bulan, Sandra bersikeras untuk tetap tinggal dan menguak misteri di balik malapetaka yang terjadi pada semua perempuan di keluarga Guan, meskipun jiwanya terancam.

Gue suka sama film ini karena selain temanya yang beda dan berlatarbelakang etnis Tionghoa, ceritanya pun menarik. Walaupun alurnya lamban dan penampilan sang hantu jauh dari kata menyeramkan tapi tetep aja kedatangannya tuh bikin merinding.

4. HANTU

Galih (Oka Antara) mendengar tentang indahnya Telaga Setra Wingit. Telaga indah yang terletak ditengah hutan dan belum pernah dijamah orang. Karena penasaran, ia sengaja mengajak pacarnya Rinjani (Dhea Ananda), serta ketiga sahabatnya Ray (Dwi Gumilang), Sofie (Monique Henry) dan Indra (Andhika Gumilang) untuk membuktikan keindahan telaga itu.

Awalnya perjalanan terasa menyenangkan, meski sempat ada masalah karena mereka kesulitan mendapatkan angkutan umum. Tapi akhirnya mereka sampai di hutan. Ray, Rinjani, Indra, dan Sofie kaget karena ternyata Galih tidak tahu sama sekali letak telaga tersebut. Di depan hutan mereka bertemu seorang kakek misterius yang menunggui sebuah warung. Ketika hari mulai malam, mereka mendirikan dua tenda.

Kejadian aneh mulai menimpa mereka. Rinjani secara misterius menghilang walaupun akhirnya dapat ditemukan. Karena merasa ada yang janggal, mereka menginginkan pulang, walaupun Galih memaksakan diri untuk tetap bertahan agar dapat menuju telaga. Keesokan harinya mereka juga tidak dapat pulang karena kabut tebal. Namun, semenjak sempat hilang, Rinjani terlihat berbeda dari sebelumnya. Bahkan, setelah itu mereka melihat mahluk halus, dan kejadian-kejadian aneh dialami oleh mereka semua.

Awalnya gue ga tertarik buat nonton ni film. Karena melihat judulnya saja gue udah bisa nebak ni film bakalan ancurrr. Ditambah ada si Dwi Andhika di sana yang biasanya tampil lebay. Tapi, hey...ternyata gue salah!! Film ini melebihi apa yang gue kira. Kemunculan hantunya kreatif dan beda dari film horor2 laennya. Sosok hantu penunggu gunungnya pun lumayan mengerikan dengan baju lusuh dan rambut panjangnya yang amburadul. Sayangnya endingnya bisa ketebak. tapi ni film asyik buat ditonton.

3. PENCARIAN TERAKHIR

Sita mendapat kabar penting dari pos Jagawana gunung Sarangan, gunung yang terkenal dengan ‘daerah angkernya”, bahwa sudah dua hari ini, Gancar adiknya dan beberapa teman grup pendaki belum lapor ke pos satu, dikuatirkan mereka hilang di tengah jalur pendakian. Kejadian ini membuat Sita shock, saat itu juga Sita bersama Oji bergegas untuk berangkat menyusul mencari Gancar dkk

Tanpa sepengetahuan Sita dan Oji, Bagus mendatangi Tito, sahabat lama yang mengasingkan diri karena trauma dengan masa lalu yang menghancurkan persahabatan mereka. Dahulu Norman dan Tito pernah hilang di gunung Sarangan. Saat itu hanya Tito yang selamat, Norman dinyatakan hilang secara misterius di salah satu lokasi angker gunung Sarangan. Semenjak peristiwa itu, Tito selalu dihantui rasa bersalah. Ia memutuskan untuk menjauh dari kegiatan pecinta alam. Bagus memaksa Tito untuk ikut naik gunung dan membantu menjadi volunteer SAR untuk mencari Gancar dkk. Tito akhirnya mau membantu, berpikir bahwa ini adalah saat yang tepat untuk menebus kesalahannya dahulu

Setelah berhari-hari menjalani pencarian, ternyata kejadian ini membuahkan titik terang jawaban bagi Tito. Teka teki akan hilangnya Norman yang tidak pernah terselesaikan akhirnya terjawab. Apakah mereka berhasil menemukan Gancar dkk?

Walaupun film ini lebih kental nuansa thrillernya tapi tetep aja ada unsur horornya juga walaupun cuma sedikit. Dengan setting landscape Gunung menambah kesan seram dari film ini..sayang produsernya ga ngeluarin dvd originalnya buat dilempar ke pasaran...huhuhuhu

2. 40 HARI BANGKITNYA POCONG

JESSI merasa hari-harinya diawasi sosok misterius, ia sulit memejamkan mata karena mendengar suara-suara aneh, dan di saat ia terjaga, bayangan itu selalu muncul. Jessi pun mulai ragu, apa yang ia alami itu nyata atau ia sendiri mulai gila. Di saat bersamaan, Nino juga kepergok mengiriminya benda-benda mistik yang membuat Jessi semakin stress karena takut, Nino ingin Jessi ketakutan sehingga mau balik lagi menerima dirinya?

KEVIN, pemuda ramah dan charming, Jessi menyangka akhirnya ada satu hal yang menyenangkan yang bisa ia rasakan. Begitu Jessi dan Kevin semakin dekat, teror yang datang ke Jessi semakin parah. Pocong muncul di kosannya tengah malam. Nino merasa ia dan Jessi punya ikatan karena sebuah kejadian yang mereka lalui bersama. Kejadian di masa lampau itu, ternyata berkaitan dengan siksaan yang dialami Jessi, yang juga diam-diam dialami Nino

Selama empat puluh hari, Jessi dan Nino dikejar oleh arwah-arwah penasaran yang gentayangan ingin membalas dendam kepada mereka, karena setiap kesalahan memang harus dipertanggungjawabkan. Karena bila tidak, MEREKA AKAN DATANG ! (21cineplex.com)

Rudi Sujarwo ternyata masih ngrasa enjoy sama trademark-nya. Dengan memberikan nuansa claustrophobic di beberapa adegan seperti halnya dalam Pocong 2. Terbukti! penonton bisa menangkap ketakutan2 para pemainnya dan ikut terbawa emosinya. Yang gue suka dari akting si pemain tentu saja si mba Sabai yang memerankan Jessi di sini. Bener2 natural dan ga dibuat2 dan jujur (bukannya gue lebay) gue hanya dengan ngeliat matanya udah bisa ngerasain rasa takutnya. Jangan lewatin juga ada sedikit twist menjelang endingnya yang lumayan keren..

1.POCONG 2

Maya (Revalina S.Temat), seorang yatim piatu, bekerja sebagai asisten dosen di kampusnya. Ia hanya tinggal berdua dengan adiknya, Andin (Risty Tagor) yang masih SMU. Dalam waktu dekat, Maya akan menikah dengan tunangannya, Adam (Ringgo Agus Rahman)

Maya sangat menyayangi adiknya. Semenjak ditinggal oleh kedua orang tuanya, Maya selalu berusaha memberi perhatian lebih ke Andin, karena Andin masih dirundung rasa kehilangan. Untuk membahagiakan Andin, Maya memutuskan untuk mencari tempat tinggal baru yang lebih baik, nyaman & lingkungan yang dapat mendukung segala kebutuhan Andin

Perhatian Maya tertuju pada sebuah apartemen dengan harga murah. Setelah melihat-lihat kondisi apartemen itu, Maya langsung menyukainya. Setelah mereka berdua pindah ke apartemen baru tersebut, kehidupan mereka justru tidak tenang. Andin mulai menemukan hal-hal menakutkan, merasa diganggu oleh Pocong. Awalnya, tak ada yang percaya kepada Andin, hingga Maya menemukan Andin dalam keadaan depresi berat dan sangat mengkhawatirkan. Maya mendatangi seorang paranormal. Berkat bantuan paranormal itu, pandangan Maya mampu menembus dunia lain, ia menjadi peka.
Maya harus berjuang keras. Karena ternyata, dia tidak hanya berhadapan dengan arwah penasaran berupa Pocong. Ada sesuatu yang lebih dari itu, sesuatu yang mengancam nyawa adiknya.

The Best Local Horor Movie Ever Made!!! yupz..film ini bener2 bikin jantung deg2an dan sampe bikin gw takut ke kamar mandi stelah nonton ni film. Berulang kali sang Pocong nongol dengan wajah close-up nya dan sumpah itu efektif banget buat nakut2in penonton. Gw salut sama gaya sinematografi yang dipake Rudi Sujarwo berasa banget horornya. Selain itu film ini menyelipkan unsur komedi di beberapa adegan.

Well, itulah ke-6 Fillm Horor supranatural terbaik dan terserem Indonesia versi Radja Film.
Salam kenal juga dari gw yang 'masih baru' di dunia perbloggan. Karena gw pendatang baru, tentunya masih banyak kekurangan disana-sini, jadi buat rekan2 sesama Blogger mohon bantuannya...

0 Response to "6 FILM HOROR-SUPRANATURAL TERBAIK INDONESIA"

Poskan Komentar

SILAHKAN TULIS UNEG-UNEG KALIAN DISINI

Powered by Blogger